Selasa, 07 Februari 2012

manfaat sapi perah

Sapi perah yang ada di Dusun Ngluwak Desa Jatikuwung Jatipuro kabupaten Karanganyar ini memang dari tahun ke tahu terlihat semakin maju, sapi yang awanya hanya 2 ekor saja sekarang sudah menjadi 11 ekor. Sapi perah ini sudah banyak sekali manfaatnya, untuk pemilik maupun lingkungan sekitar, Peternakan sapi perah milik Bp. Marwito dan Ibu Suyatmi ini tidak hanya menjual susu sapi saja, adapun manfaat dari peternakan sapi perah ini adalah :
  1. Sapi perah menghasilkan susu segar untuk dikemas. Biasanya penjualan susu sapi ini dijual dalam ukuran 1 liter dan 0.5 liter. 1 liter yang hanya 5ribu rupiah saja ini sangat laku dipasaran, Harga yang relatif murah untuk i liter susu yang manfaatnya begitu besar, dan perlu diketahui bahwa susu sapi ini tidak memakai tambahan air maupun pengawet, sehingga apabila tidak dikonsumsi lang sung, sebaiknya ditaruh di dalam kulkas, sehingga kesegaran dari susu ini tetap terjaga.
  2. Sapi perah juga menghasilkan sabun susu. Sabun susu dari susu murni ini hanya dijual dengan harga 2.500 rupiah. Sabun yang laku di pasaran ini sebenarnya baru dibuat sekitar 2 bulan yang lalu, namun peminatnya sudah banyak sekali.Dari produsen yaitu bapak marwito, 1 sabun susu ini beharga 2.500 saja namun apabila dipasarkan bisa mencapai 3000 rupiah per buah. sabun ini memiliki banyak khasiat, diantaranya dapat menghaluskan kulit, menghilangkan flek hitam, noda atau spot wajah serta mencegah penuaan dini. Sehingga sabun ini sangat baik digunakan oleh semua orang, dari anak anak sampai dewasa maupun lansia sangat baik menggunakan produk ini.
  3. Kotoran dari sapi perah ini juga dapat menghasilkan Biogas sebagai pengganti gas elpiji, sejak 3 tahun ini, rumah bapak marwito sudah menggunakan biogas sebagai pengganti bahan bakar untuk memasak, perawatannya pun sangat mudah dan resiko bahanyanyapun lebih sedikit daripada gas yang ada di pasaran. Sehingga sangat aman untuk digunakan, Saat ini iogas masih dipakai untuk rumah sendiri, namun beberapa tahun kedepan apabila sudah banyak sapi yang dipelihara, bukan tidak mungkin apabila 1 RT di daerah itu sudah ikut menggunakan biogas, karena tidak hanya untu bahan bakar memasak, biogas juga bisa digunakan untuk listrik, sehingga kita bisa menghemat listrik dengan adanya biogas ini.
  4. Selain itu pupuk dari sisa biogas inipun juga sangat laku dipasaran, karena pupuk ini merupakan pupuk organikm yang sangat bagus untuk tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar